Tentang Kepompong
Profil Yayasan
Visi & Misi
Filosofi
Lokasi

 

 

TENTANG KEPOMPONG

 

Proses Panjang Menuju Pendidikan Anak Usia Dini Berkualitas

 

 

 

Pada saat Kepompong didirikan pada  tahun 1988 pendidikan anak di bawah usia 4 tahun  sudah dirasakan perlu oleh sebagian orang tua. Bagi orang tua yang keduanya bekerja, program pendidikan ini merupakan alternatif yang baik bagi anaknya untuk mendapatkan pendidikan tambahan di luar rumah. Sedangkan bagi keluarga yang memiliki ibu yang tidak bekerja program ini memberikan pengalaman bersekolah bagi anaknya.  Program pendidikan untuk kelompok usia  ini ditemukan secara terbatas di beberapa Taman Kanak-Kanak dan Kelompok Bermain (Playgroup) yang masing-masing menerapkannya dengan cara yang sangat berbeda.

 

 

Di Taman Kanak-Kanak pelaksanaan program usia 3 tahun diartikan sebagai persiapan bagi anak untuk memasuki jenjang pendidikan berikutnya. Oleh karenanya penekanan kurikulum terletak pada penguasaan pengetahuan akademik dan metode pengajaran dilaksanakan secara klasikal. Namun banyak orang tua kemudian meragukan kecocokan pelaksanaan program ini bagi anaknya.

 

 

Sebagai alternatif bagi orang tua, Kelompok Bermain menyediakan program pendidikan untuk kelompok usia 2-4 tahun yang lebih sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak usia tersebut. Metode pengajaran dilakukan sesuai dengan cara anak belajar secara alamiah yaitu melalui kegiatan bermain. Pelaksanaan program dilakukan dengan jadwal yang sangat fleksibel dan anak diberi kesempatan untuk bermain sepuas-puasnya. Namun setelah jangka waktu tertentu mengikuti program ini, anak sering merasa bosan, overstimulated dan tidak mendapat pengalaman yang merangsang berbagai aspek perkembangannya secara seimbang. Selain itu program seperti ini sering tidak memberi rasa aman bagi anak dan dianggap kurang memberi bimbingan yang diperlukan anak untuk dapat mencapai perkembangan di tahap selanjutnya.

 

 

Dengan latar belakang tersebut, Kepompong didirikan untuk memberikan sebuah program pendidikan anak usia 3 tahun yang lebih komprehensif dan sesuai taraf perkembangan anak, yang didasari oleh pengetahuan tentang  bagaimana anak kelompok usia ini  belajar, materi  apa yang sesuai untuk diajarkan dan kapan materi tersebut sebaiknya diajarkan. Dari konsep dasar  tersebut,  awalnya Kepompong merupakan suatu kelompok bermain kecil yang mulai beroperasi sejak bulan Juli 1988 di teras sebuah rumah di Jalan Bangka Raya No. 99 C,  yang  hanya mempunyai satu kelas murid Indonesia dan satu kelas murid Asing. Kelompok bermain kecil ini kemudian diberi nama Kepompong dengan dasar pemikiran yang sederhana bahwa kelak, anak-anak yang tumbuh dan berkembang bersama di Kepompong akan menjadi anak-anak yang mandiri, percaya diri, kreatif serta berkembang secara optimal (sesuai potensi anak), seindah kupu-kupu.....

 

 

Sesuai dengan perkembangannya, tahun  1993 Kepompong yang telah memiliki 2 kelas Indonesia dan 1 kelas Asing pindah ke lokasi Jl. Bangka Raya 99 A, dengan pemikiran bahwa ruangan yang tersedia lebih luas sehingga anak dapat dengan leluasa bergerak dan melakukan aktifitasnya. Dengan terus bertambahnya jumlah guru dan murid (3 kelas Indonesia dan 1 kelas Asing) maka pada tahun 1995  lokasi sekolah dipindahkan ke Jl. Bangka Raya No. 99 B.  Antara tahun 2000 sampai 2005 Kepompong  memiliki 4 kelas usia 3 tahun (playgroup), 1 kelas usia 4 tahun (TK A) dan 1 kelas usia 5 tahun (TK B) dengan jumlah murid sekitar  200 orang anak. Mulai tahun 2007 diadakan pula 1 kelas usia 2 tahun (Toddler).

 

 

Di Kepompong anak mendapat pengalaman belajar secara individual atau kelompok dimana dipastikan terjadinya interaksi dan kerjasama yang positif antara sesama anak maupun anak dan guru. Program kegiatan dilaksanakan sesuai jadwal yang terencana dan terdiri dari berbagai kegiatan yang menstimulasi semua aspek perkembangan anak. Fokus pengajaran terletak lebih pada proses belajar daripada materi yang dihasilkan dari proses belajar tersebut. Pemahaman konsep-konsep dan ketrampilan dasar yang perlu dikuasai anak usia tersebut diberikan melalu kegiatan aktif dan konkrit yang relevan dan berarti bagi anak. Evaluasi perkembangan anak dan program pendidikan Kepompong diterapkan secara rutin sehingga penyesuaian pada kurikulum maupun pelaksanaannya dapat dilakukan secara terencana. Selain itu Kepompong juga menerapkan kriteria lainnya yang dibutuhkan demi terlaksananya sebuah program pendidikan anak dini usia yang berkualitas yaitu kualifikasi guru yang tinggi, perbandingan guru dan anak yang rendah serta fasilitas yang memadai bagi ruang gerak anak dan guru, aman, terencana, dan terawat dengan baik.