![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
![]() |
![]() |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Program Usia 2 Tahun Program ini dilaksanakan di kelas Kepik dan Kumbang dan berlangsung selama 2 jam, 3 kali atau 2 kali seminggu, dengan jadwal masuk sebagai berikut:
Program pendidikan usia 2 tahun dirancang sesuai kebutuhan perkembangan anak usia 2-3 tahun, khususnya pengembangan di bidang emosi, sensori-motor, motorik, bahasa dan sosialisasi. Pada periode ini anak sedang dalam masa peralihan dari seorang anak yang banyak membutuhkan bantuan orang lain menjadi anak yang lebih mandiri dan kompeten. Kemampuannya untuk berpindah tempat secara independen menumbuhkan rasa percaya diri untuk menjelajahi lingkungannya dan melakukan berbagai hal sendiri sesuai keinginannya. Ia juga mulai dapat menggunakan bahasa untuk berkomunikasi sehingga mulai tertarik untuk membuka diri bersosialisasi dengan anak lain walaupun untuk waktu yang sangat pendek dan membutuhkan dukungan orang dewasa. Untuk dapat mengimbangi berbagai perubahan yang terjadi dalam kehidupan anak usia 2-3 tahun maka sebuah jadwal dan rutinitas yang teratur diperlukan untuk memberinya rasa aman dan terkendali. Pada akhir periode ini anak mulai dapat merasakan dan memberitahu orang dewasa tentang kebutuhannya menggunakan toilet. Sehubungan dengan kebutuhan perkembangan anak usia 2-3 tahun yang telah diuraikan diatas maka di semester I sebagian besar kegiatan program pendidikan anak usia 2 tahun di Taman Bermain Kepompong diberikan dalam bentuk kegiatan “bermain bebas” dimana anak dapat memilih kegiatan yang ingin dilakukannya. Pada setiap sudut kegiatan seorang guru hadir untuk memberi dukungan pada anak untuk melakukan berbagai kegiatan dan berinteraksi dengan anak lain. Selain itu guru juga memastikan bahwa semua anak ada dalam pengawasan yang ketat. Fokus pengembangan pada semester I adalah anak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah, mengenal guru dan murid lainnya, dan mengikuti jadwal rutin kegiatan di kelas sehingga anak mulai dapat memisahkan diri dengan pengantarnya dan melakukan kegiatan secara santai. Biasanya ketika anak berusia 2 1/2 tahun, ia mulai terlihat siap untuk melakukan lebih banyak kegiatan secara berkelompok. Oleh karenanya di semester II, untuk waktu yang singkat, anak akan diminta untuk bergabung dalam kelompok kecil untuk mendengarkan cerita pendek dan melakukan ”learning games” sederhana. Untuk dapat memberi rangsangan yang optimal maka program kegiatan dirancang berdasarkan tema bulanan melalui sebuah jadwal harian teratur namun cukup fleksibel sehingga kebutuhan setiap anak selalu dapat terpenuhi.
Jadwal Kegiatan Harian Semester I
Jadwal Kegiatan Harian Semester II Bermain bebas (di luar ruangan ) 30 menit Makan bersama 15 menit Menyanyi bersama 20 menit Kegiatan kelompok kecil 10 menit
Bermain bebas di luar ruangan: biasa dilakukan pada pagi hari sebagai waktu pemanasan, pengembangan otot kasar serta berinteraksi dengan teman dan guru. Anak dapat dengan bebas memilih permainan sesuai minatnya. Permainan yang tersedia di halaman luas berumput adalah peralatan yang menunjang pengembangan otot kasar sesuai usia 2-3 tahun: peluncuran, panjatan, jembatan gantung, ayunan, serta berbagai permainan kelompok atas inisiatif anak dan guru dengan menggunakan bola dan balok kardus. Selain itu anak juga dapat melakukan berbagai kegiatan sensori-motor antara lain bermain pasir, melukis dan bermain air. Ia juga dapat meningkatkan koordinasi otot halusnya dengan bermain puzzle dan permainan manipulatif lainnya. Kegiatan membacakan cerita dilakukan sebagai selingan untuk menumbuhkan rasa senang pada buku.
Makan bersama: setelah mencuci tangan, anak mengambil sendiri tas dari lokernya dan duduk untuk makan dan minum bersama temannya (makan dan minuman dibawa sendiri dari rumah). Pada kegiatan ini anak belajar untuk makan sendiri sambil bersosialisasi dengan temannya.
Menyanyi bersama: dengan diiringi piano atau gitar anak mendapatkan pengalaman musik melalui menyanyi, fingerplay, menggunakan alat peraga dan bergerak sambil mengikuti irama. Anak usia 2-3 tahun biasanya terlihat senang mengikuti kegiatan ini, yang juga menunjang pengembangan kemampuan berbahasa mereka. Kegiatan mendengarkan cerita: di semester I guru bercerita dengan menggunakan Buku Besar di kelompok besar. Kemudian di semester II anak mengikuti kegiatan bercerita di kelompok kecil dan guru menggunakan buku cerita berukuran biasa.
Kegiatan learning games: di semester I guru melakukan kegiatan learning games sederhana dalam kelompok besar dengan menggunakan benda-benda konkrit. Kemudian di semester II anak mengikuti kegiatan ini dalam kelompok kecil.
Bermain bebas di dalam ruangan merupakan kegiatan dimana anak dapat memilih untuk bermain di sudut kegiatan menurut minatnya sambil berinteraksi dengan teman dan gurunya. Sudut-sudut kegiatan bermain yang tersedia adalah Playhouse & Dress up, Seni Bebas, Pengembangan Kognitif & Otot Halus, Practical Self-Help Skills, Playdough dan Bercerita.
![]() ![]()
Dalam hal toilet-training, guru akan membantu anak melalui proses ini sesuai kesiapannya. Oleh karenanya kami mengharapkan kerja sama dan komunikasi yang baik dengan orang tua sehingga proses ini dapat berlangsung dengan lancar.
Kegiatan dengan partisipasi Orang Tua: pada bulan Mei orang tua akan diundang untuk berpartisipasi dalam acara ”Fun Games”, sebuah acara keluarga yang melibatkan orang tua dan anaknya dalam kegiatan bernyanyi, panggung boneka dan olah raga.
|
|
![]() |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||