|
Program Usia 3 Tahun Program pendidikan usia 3 tahun adalah jenjang kelompok bermain dan berlangsung selama 3 jam, 3 kali atau 2 kali seminggu (keterangan lebih lanjut lihat informasi kelas usia 3 tahun), Agar berbagai kegiatan harian menjadi suatu kesatuan yang berarti bagi anak maka program kegiatan dirancang berdasarkan tema bulanan. Tema dipilih sesuai minat anak dan jadwal harian berikut dilaksanakan dengan cukup fleksibel sehingga kebutuhan anak selalu dapat terpenuhi. JADWAL KEGIATAN HARIAN 1. Bermain bebas (di luar ruangan) 2. Opening Circle (semester I) atau Kegiatan Khusus (semester II) 3. Menyanyi bersama 4. Makan bersama 5. Bercerita 6. Kegiatan kelompok (tema atau kognitif) 7. Kegiatan di meja 8. Bermain bebas (di dalam ruangan)
Ad.1.Bermain bebas di luar ruangan biasa dilakukan pada pagi hari sebagai waktu pemanasan, pengembangan motorik kasar serta bersosialisasi dengan teman dan guru. Anak dapat dengan bebas memilih permainan sesuai minatnya.
Ad.2. Opening circle adalah kegiatan dalam kelompok kecil untuk membicarakan kegiatan yang akan dilakukan anak sepanjang hari atau membahas tugas yang dibawa anak dari rumah serta hal yang berhubungan dengan ‘membantu diri sendiri'. Kegiatan Khusus menggantikan opening circle di semester II yaitu kegiatan yang dilakukan secara bergantian setiap minggunya seperti ilmu pengetahuan sederhana, latihan pengembangan motorik kasar.
Ad.3. Menyanyi bersama: dengan diiringi alat musik (piano atau gitar) anak mendapatkan pengalaman musik dasar berupa menyanyi, fingerplay, mengenal ritme, irama dan melodi dengan menggunakan alat peraga dan bergerak mengikuti irama. Lagu-lagu yang dinyanyikan merupakan lagu-lagu yang mendidik, mudah diingat dan diikuti anak. Ad.4. Makan bersama adalah kegiatan yang digunakan untuk berlatih makan dan minum sendiri, bersosialisasi dan melepas lelah.
Ad.5. Bercerita meliputi kegiatan mendengarkan cerita dan berdiskusi tentang topik cerita tersebut. Kegiatan ini dilakukan untuk mengembangkan kemampuan anak berbahasa dan menerapkan ketrampilan berkomunikasi yang efektif dengan belajar berbicara dan mendengarkan secara bergiliran.
Ad.6.Kegiatan kelompok terdiri dari ‘learning games’ yang memperkenalkan pengetahuan lingkungan melalui pembahasan tema dan konsep kognitif sesuai taraf perkembangan anak. Sebagai salah satu upaya untuk selalu memberikan pengetahuan baru secara konkrit, bervariasi dan menarik kadangkala materi pengajaran diberikan dengan cara bercerita dan mengundang narasumber.
Ad.7. Kegiatan di Meja adalah kegiatan dimana anak melakukan sebuah tugas sesuai instruksi guru sebagai kelanjutan dari kegiatan kelompok yang membahas sebuah konsep tertentu.
Ad.8. Bermain Bebas di dalam ruangan merupakan kegiatan di mana anak dapat memilih untuk bermain di sudut kegiatan menurut minatnya sambil bersosialisasi dengan teman dan gurunya. Periode ini juga merupakan waktu penenangan diri sebelum pulang.
KEGIATAN BERKALA Untuk memastikan program kegiatan selalu bervariasi maka berbagai kegiatan tambahan dilakukan secara berkala. Kegiatan memasak sederhana dan panggung boneka dilaksanakan setiap bulan. Selain itu sepanjang tahun ajaran diadakan berbagai acara perayaan hari-hari istimewa.
KEGIATAN PARTISIPASI ORANGTUA
Kepompong mengundang orang tua salah satu murid untuk bercerita mengenai profesinya atau mendemonstrasikan keahliannya pada anak-anak, seperti dokter gigi, pilot, penjahit, merangkai bunga, polisi, dokter hewan dll. Kegiatan ini disesuaikan dengan tema yang sedang dibahas.
Selain itu, ada kegiatan istimewa yang melibatkan partisipasi orang tua yang diadakan dua kali dalam setahun ajaran yaitu Pesta Seni dimana anak bersama dengan orang tuanya dapat membuat berbagai karya seni pada sudut-sudut kegiatan yang disediakan dan Pertunjukan Kepompong di mana para orang tua dapat menyaksikan anaknya menyanyi, menari atau bersandiwara di atas panggung dengan menggunakan kostum. |
|
|||