![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
![]() |
![]() |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Program Usia 4 Tahun Program pendidikan usia 4 tahun adalah jenjang TK A yang dilaksanakan di kelas Kupu-Kupu selama 3 jam 45 menit pada hari Senin s/d Kamis, hari Jumat anak-anak sekolah sampai jam 11.15 dengan tiga kegiatan utama yaitu: bermain bebas di luar, kegiatan terpimpin dan kegiatan sudut belajar. Seperti di kelas Playgroup, program pendidikan usia 4 tahun juga dirancang sesuai tema bulanan sehingga kegiatan harian menjadi suatu kesatuan yang berarti bagi anak. Tema dipilih sesuai minat anak dan jadwal harian berikut dilaksanakan dengan cukup fleksibel sehingga kebutuhan anak selalu dapat terpenuhi.
Keterangan:
Pembukaan, merupakan kesempatan bagi guru dan anak untuk membicarakan pelaksanaan kegiatan pada hari tersebut, pembagian tugas mingguan serta pengumuman-pengumuman lainnya. Di semester kedua anak akan diperkenalkan pada kalender dengan menempatkan tanggal, bulan, dan tahun.
Kegiatan Khusus, terdiri dari kegiatan Bercerita dan Latihan Motorik Halus. Kegiatan Bercerita, meliputi kegiatan mendengarkan cerita, yang bertujuan meningkatkan kemampuan anak mendengarkan dan mengekspresikan diri secara verbal.
Kegiatan Kelompok, mencakup pembahasan materi sesuai tema serta konsep kognitif/matematika dasar. ![]()
Kegiatan Kelompok di Meja, meliputi pelaksanaan sebuah tugas dalam kelompok sebagai kelanjutan dari kegiatan kelompok yang membahas sebuah tema dan konsep kognitif/ matematika dasar tertentu. Tema Materi sebuah tema biasanya dibahas selama satu bulan. Tema-tema yang akan dibahas sepanjang tahun ajaran adalah : Kelasku; Aku Istimewa; Pantai dan Laut; Tubuhku; Pelangi; Mainan; Kesehatan dan Kebersihan; Keselamatan Diri; Kebunku; Lingkungan di Sekitarku; Keliling Indonesia; Kehidupan di Desa dan Kebun Binatang. Sebagai salah satu upaya untuk selalu memberikan pengetahuan baru secara konkrit, bervariasi dan menarik kadangkala materi pengajaran diberikan dengan cara bercerita dan mengundang narasumber/tamu ahli, seperti penyelam, ahli nutrisi dan berbagai profesi lain yang menunjang materi. Konsep Kognitif / Matematika Dasar Melalui pembahasan konsep kognitif dan matematika dasar anak belajar mencocokkan, mengklasifikasi, menjodohkan dan menyusun benda-benda menurut warna, bentuk, panjang, ukuran, jenis dan jumlahnya. Selain itu anak juga diperkenalkan bentuk bangun datar (dua dimensi) dan bentuk bangun ruang (tiga dimensi) dengan masing-masing karakteristiknya.Program matematika selanjutnya adalah membantu anak menguasai kemampuan berikut: • Mengenal angka 1 s/d 20 (dengan penekanan pada 10 s/d 20) dan mengerti hubungan antara satu bilangan dengan yang lainnya, termasuk mengurutkan dan menuliskan.
• Menghitung 1 s/d 20 (dengan penekanan pada 10 s/d 20) dan mengerti hubungan antara satu bilangan dengan yang lainnya dan mengerti konsep konservasi bilangan. • Bangun datar (dua dimensi) dan bangun ruang (tiga dimensi). • Pengenalan konsep ″tambah dan ″kurang dan dapat melakukan operasi tersebut secara konkrit. • Mengukur panjang, volume, berat dengan alat ukur konkrit sederhana. • Mengidentifikasi, mengikuti dan membuat pola. • Memahami penggunaan charts untuk menampilkan berbagai informasi.
Kegiatan Makan Bersama, digunakan untuk makan dan minum, melepas lelah sambil bersosialisasi.
Kegiatan Sudut Belajar (Learning Centers), memberi kesempatan kepada anak untuk berlatih berbagai keterampilan dan mengembangkan imajinasi serta kreativitasnya secara mandiri atau bersama teman di sudut-sudut berikut: Permulaan Menulis; Permulaan Membaca; Perpustakaan; Mendengarkan cerita atau lagu; Konstruksi/Balok; Bermain Peran; Manipulatif/Playdough atau Card/Board Games, Seni dan Komputer. Dalam periode ini guru tetap memberikan perhatian dan bimbingan yang diperlukan. ![]()
Kegiatan Karyawisata
Materi Ekstrakurikuler ![]() Sains, mencakup pengenalan konsep-konsep dasar sains yang ditemui anak dalam kehidupan sehari-hari melalui kegiatan observasi dan percobaan-percobaan sederhana. Topik pembahasan mencakup Makhluk Hidup, Jenis-Jenis Benda, Bumi dan Luar Angkasa, Mesin dan Teknologi Sederhana. Program dan pelaksanaan kegiatan ini di bawah bimbingan guru spesialis.
Creative Movement, meliputi latihan koordinasi gerak, keseimbangan, kesadaran terhadap tubuh (body awareness), kesadaran terhadap ruang (spatial awareness) dan kesadaran terhadap musik dan ritme lagu dengan melakukan berbagai gerakan kreatif. Program dan pelaksanaan kegiatan ini di bawah bimbingan guru spesialis.
Bahasa Inggris, meliputi pengenalan kata-kata Bahasa Inggris yang berkaitan dengan pengetahuan lingkungan dan konsep kognitif anak usia prasekolah yaitu Pets, Fruits, Farm Animals, Vegetables, Colours, Transportation, Shapes, In & Out, Up & Down, Body Parts, Numbers (1-10); Melalui kegiatan Learning Games anak dilatih pemahaman dan pengucapan kata-kata dan konsep-konsep tersebut serta dibiasakan untuk mendengarkan dan menerapkan instruksi dalam bahasa Inggris. Program dan pelaksanaan kegiatan ini di bawah bimbingan guru spesialis. Komputer, merupakan pengenalan perangkat komputer dan penggunaannya secara sederhana. Program software edukatif yang diperkenalkan berkisar pada ketrampilan mewarnai, mengenal bentuk dan pola, klasifikasi, mengenal dan menghitung angka, pengenalan huruf dan mencocokkan huruf. Kegiatan dilakukan anak secara bergilir dalam Kegiatan Sudut Belajar (Learning Center). KEGIATAN PERPUSTAKAAN Meliputi pembacaan buku cerita oleh Pustakawati dan peminjaman buku oleh anak untuk dibawa pulang dari perpustakaan Kepompong sebanyak 2 kali seminggu. Kegiatan ini dilakukan sebagai rangsangan bagi anak untuk menyukai membaca dan terbiasa untuk dibacakan. KEGIATAN BERKALA
KEGIATAN PARTISIPASI ORANG TUA
![]()
|
|
![]() |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||